Paulus Hyu dan Hanung Trisulo Sosok Penggerak Mainan Desainer di Indonesia

Paulus Hyu dan Hanung Trisulo Sosok Penggerak Mainan Desainer di Indonesia
Paulus Hyu dan Hanung Trisulo: sosok penggerak mainan desainer di Indonesia. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Dalang di balik PreciousJunkz dan penggerak dunia desainer mainan di Indonesia, Hanung Trisulo berkolaborasi dengan Paulus Hyu (Mindblowon) mendirikan IDS (Indonesia DesignerToys Society), sebuah platform yang bertujuan untuk menghadirkan desainer mainan Indonesia ke ajang lokal dan internasional.

Hanung menjelaskan kolaborasinya dengan Paulus Hyu dapat memberikan banyak hal positif, khususnya dalam membangun kesadaran pasar Indonesia terhadap mainan desainer.

"Kolaborasi kreatif ini sebenarnya bisa memberikan banyak hal positif. Dengan berkolaborasi, desainer lokal akan dapat belajar dari para pelaku industri internasional dan sebaliknya, internasional juga bisa melihat potensi besar yang ada di Indonesia," jelas Hanung, Selasa (24/9).

Hanung juga berharap kolaborasi ini dapat mendorong pertumbuhan pasar lokal, sehingga lebih banyak orang mulai mengapresiasi dan memahami nilai dari mainan desainer dan bisa bersaing di pasar global.

"Selain meningkatkan kualitas karya, kolaborasi ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan pasar lokal. Intinya, ini adalah proses pertukaran ilmu, budaya, dan tentunya membuka jalan agar desainer Indonesia makin dikenal di pasar global," ujarnya.

Hanung mengungkapkan tujuannya mendirikan IDS bersama Paulus Hyu untuk melebarkan sayap dan membangun komunitas yang solid agar desainer Indonesia bisa go international, dikenal dan dihargai karyanya.

"Jadi, awalnya kami terinspirasi dari komunitas kreator di Malaysia (MAS) dan Filipina (DNA), di mana mereka berhasil membangun ekosistem kreatif yang kuat untuk desainer mainan. Melihat itu, kami berpikir, kenapa Indonesia nggak bisa punya hal yang sama? Kita punya banyak desainer berbakat yang sebenarnya kualitasnya luar biasa," ungkap Hanung.

"Akhirnya, lahirlah IDS untuk mengumpulkan dan mendukung para desainer mainan lokal. Langkah pertama yang kami lakukan setelah merekrut beberapa anggota awal adalah debut di Jakarta Toys Fair 2024 di Balai Kartini. Di sana kami menampilkan karya-karya dari para anggota, dan jujur, hasilnya jauh melebihi ekspektasi kami. Sambutan dari pengunjung sangat positif, dan itu jadi titik awal yang bagus buat IDS," jelasnya.

Dalang di balik PreciousJunkz dan penggerak dunia desainer mainan di Indonesia, Hanung Trisulo berkolaborasi dengan Paulus Hyu mendirikan IDS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News