PD Terlempar dari Tiga Besar, PKS Jadi Juru Kunci

JSI Tempatkan PDIP Jadi Jawara Pileg

PD Terlempar dari Tiga Besar, PKS Jadi Juru Kunci
PD Terlempar dari Tiga Besar, PKS Jadi Juru Kunci

jpnn.com - JAKARTA – Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas partai politik peserta pemilu legislatif (pileg)  tahun ini. Dari survei itu, JSI menempatkan PDI Perjuangan sebagai jawara pileg yang digelar 9 April nanti, sedangkan Partai Demokrat yang menjadi jawara Pemilu 2009 harus terlempar dari tiga besar.

Direktur Eksekutif JSI Widdi Aswindi mengatakan, PDIP bakal bertengger di posisi teratas dengan raihan suara sekitar 24,7 persen. Posisi kedua diikuti Partai Golkar dengan raihan 18,0 persen. Sedangkan posisi ketiga ditempati Gerindra dengan raihan 11,8 persen.

“Kita proksimasikan PDIP mendapatkan 24,7 persen. Interval dukungan terhadap PDIP tidak terlampaui,” kata Widdi kepada wartawan dalam  paparan hasil survei JSI di Jakarta, Minggu (6/4).

Selanjutnya, di bawah Partai Gerindra ada Partai Demokrat yang bercokol di peringkat keempat dengan raihan 9 persen, diikuti PKB di urutan kelima dengan 7,9 persen.

Di posisi keenam ada PAN. Partai pimpinan Hatta Rajasa itu berdasarkan survei JSI meraup 6,1 persen suara.

Selanjutnya secara berurutan adalah Hanura (6,1 persen), PPP (5,4 persen), NasDem (4,4 persen) dan PKS (4,3 persen). Posisi PKS itu merupakan yang terbawah di antara parpol yang diperkirakan akan memiliki kursi di DPR RI.

Widdi menambahkan, dari hasil survei JSI diketahui bahwa praktis hanya 10 partai yang lolos ke parlemen karena mampu mencapai ambang batas parliamentary threshold 3,5 persen. “Kecuali PKPI dan PBB masing-masing 0,9 persen,” urai Widdi.

Meski demikian Widdi juga mengatakan, dari survei JSI itu diketahui bahwa masih ada 15 persen responden yang akan berubah saat hari coblosan pileg 2014. Dari 15 persen suara responden yang akan berubah, lanjut Widdi, mayoritas mengubah pilihannya  ke PDIP. “Kemungkinan preferensi pemilih, ternyata terbesar tetap kepada PDI Perjuangan,” kata Widdi.

JAKARTA – Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas partai politik peserta pemilu legislatif (pileg) 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News