PDIP Tekan SBY Evaluasi Muhaimin

Terkait Masalah TKI di Arab Saudi

PDIP Tekan SBY Evaluasi Muhaimin
PDIP Tekan SBY Evaluasi Muhaimin
JAKARTA -- Terkuaknya sejumlah kasus penganiayaan TKI di Arab Saudi menjadi bola liar di DPR. Politisi pun saling menuding. Fraksi PDIP mendesak Presiden SBY mengevaluasi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar. Muhaimin merupakan menteri dari PKB.

"Seharusnya, ada evaluasi dari SBY. Mengapa presiden masih mempertahankan kinerja menterinya yang tidak membuat terobosan apa pun?" kata Rieke Diah Pitaloka, anggota FPDIP, kepada pers di gedung DPR kemarin (23/11). Turut hadir anggota FPDIP lain yang juga teman Rieke di komisi IX, termasuk Ketua Komisi IX Ribka Tjibtaning, Surya Chandra Suropaty, dan Eddy Mihati.

Rieke mengatakan, salah satu yang memperparah kondisi pekerja Indonesia di luar negeri adalah merajalelanya mafia TKI. "Ini sudah menjadi rahasia umum," ujar pemeran Oneng di sinetron komedi Bajaj Bajuri itu.

Dia mencontohkan, pengiriman TKI ke Malaysia berada dalam posisi moratorium sejak pertengahan 2009. Artinya, pengiriman TKI yang baru, terutama yang berprofesi sebagai pembantu rumah tangga (PRT) ditunda. Namun, faktanya, hingga Oktober 2010, terlacak lebih dari 9 ribu TKI baru berprofesi PRT di Malaysia. "Kok bisa pergi dalam kondisi moratorium begitu," kritik Rieke.

JAKARTA -- Terkuaknya sejumlah kasus penganiayaan TKI di Arab Saudi menjadi bola liar di DPR. Politisi pun saling menuding. Fraksi PDIP mendesak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News