PDS Pertanyakan Kenaikan Sembako

PDS Pertanyakan Kenaikan Sembako
PDS Pertanyakan Kenaikan Sembako
JAKARTA - Fraksi Partai Damai Sejahtera (F-PDS) di DPR RI meragukan keterangan pemerintah soal kenaikkan harga sembilan bahan pokok (sembako) disebabkan karena naiknya harga pangan di pasaran internasional.

”Apakah benar jika harga sembako di pasar internasional melonjak, maka secara otomatis harga di tingkat lokal dan nasional juga mengalami kenaikan,” kata Sekretaris FPDS Walman Siahaan, menanggapi keterangan pemerintah dalam Sidang Paripurna membahas kenaikan harga sembako, dipimpin Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa (16/9).

Jika ditelaah lebih jauh, kata Walman, hubungan harga di pasar internasional dan domestik tidak selalu simetris. Malah terkadang asimetris.

Jika dipengaruhi oleh hambatan tarif dan non-tarif impor serta juga kebijakan nilai tukar Rupiah yang apresiatif sehingga membuat harga import menjadi lebih murah, ekspor menjadi berkurang dan akibatnya supply dalam negeri menguat.

JAKARTA - Fraksi Partai Damai Sejahtera (F-PDS) di DPR RI meragukan keterangan pemerintah soal kenaikkan harga sembilan bahan pokok (sembako) disebabkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News