Pegiat HAM Minta SBY Ganti Menteri Agama

Suryadharma Ali Dituding Tebarkan Diskriminasi

Pegiat HAM Minta SBY Ganti Menteri Agama
Pegiat HAM Minta SBY Ganti Menteri Agama
JAKARTA — Kinerja Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali sepanjang 2009–2010 mendapat kritikan keras dari Human Rights Working Group (HRWG). HRWG menilai menteri yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu tak mampu membangun prinsip demokrasi dan menciptakan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Pegiat di HRWG, Khairul Anam dalam dalam jumpa pers di Menteng, Jakarta, Pusat, Selasa (11/1), menuding Suryadharma Ali menjadi penyulut terjadinya diskriminasi dan radikalisasi terhadap kelompok keagamaan minoritas. “Menteri agama malah telah menebar propaganda kebencian dengan berbagai pernyataannya,” kata Khairul Anam dalam jumpa pers yang digelar guna menyikapi tingginya tingkat pelanggaran terhadap kelompok minoritas.

Anam menontohkan, sikap Suryadharma Ali mengenai Jamaah Islamiyah Indonesia (JAI). Anam menilai menteri Jakarta, 19 september 1956 itu tidak memberikan pernyataan yang menyejukkan. “Malah karena sejumlah perkataan Menag di media massa, diskriminasi dan pelanggaran terhadap JAI makin menjadi,” ujarnya.

Lebih lanjut Khairul mendesak Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk segera mencopot Suryadharma Ali dari kursi Menteri Agama. Desakan itu semata-mata demi kelangsungan kehidupan beragama yang saling menghargai dan menghormati. “Pemerintah mestinya melindungi semua kelompok minoritas,” cetusnya.

JAKARTA — Kinerja Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali sepanjang 2009–2010 mendapat kritikan keras dari Human Rights Working Group (HRWG).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News