Pejabat Australia Ini Usulkan Boleh Konsumsi Narkoba Untuk Pribadi

Pejabat Australia Ini Usulkan Boleh Konsumsi Narkoba Untuk Pribadi
Pejabat Australia Ini Usulkan Boleh Konsumsi Narkoba Untuk Pribadi

Asisten Menteri Kepolisian Negara Bagian Northern Territory Australia, Jeff Collins, menyatakan akan mendesak pemerintah setempat untuk mengizinkan konsumsi narkoba dalam jumlah tertentu untuk penggunaan pribadi. Pasalnya, larangan konsumsi narkoba selama ini tidak berhasil.

Jeff Collins sedang berada di Portugal untuk studi banding mempelajari keberhasilan Portugal untuk membebaskan penggunaan narkoba dalam kadar tertentu, sehingga penggunanya tidak lagi mesti dihukum.

"Model pelarangan tidak berhasil. Orang masih saja menggunakan narkoba," kata Collins.

"Saya tidak mengatakan bahwa menggunakan narkoba adalah hal yang baik atau kita harus menganjurkannya. Namun kita harus melihat bahwa mereka yang memakai narkoba karena adanya masalah kesehatan, jadi tidak selalu masalah kriminal," jelasnya.

Collins menekankan menjadikan konsumsi narkoba bukan masalah kriminal, berbeda dengan melegalkan penggunaannya.

"Legalisasi berkenaan dengan banyak hal lain seperti pasokan, peraturan, dan bahkan pajak. Juga dalam hal tertentu memerlukan keterlibatan pemerintah. Sementara dekriminalisasi lebih khusus ditujukan kepada pengguna narkoba, memperlakukannya sebagai masalah kesehatan, bukan masalah kriminal," katanya.

Perubahan dramatis di Portugal

Portugal telah mengalami perubahan drastis setelah di tahun 2001, pengguna narkoba pribadi bukan lagi merupakan tindak kriminal.

Penggunaan untuk pribadi adalah memiliki narkoba untuk persediaan selama 10 hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News