Pejabat Daerah Setiap Saat Bisa Terjerat Korupsi

Pejabat Daerah Setiap Saat Bisa Terjerat Korupsi
Pejabat Daerah Setiap Saat Bisa Terjerat Korupsi
JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan kepada seluruh pejabat di daerah agar tetap menjaga integritas moral dalam mengelola keuangan daerah. Dia mengingatkan, dalam lima tahun terakhir ini, sudah banyak sekali pejabat daerah yang terjerat kasus korupsi karena menyalahgunakan kekuasannya untuk kepentingan pribadi.

Presiden menegaskan bahwa dirinya tidak akan pernah berhenti untuk mengingatkan seluruh jajarannya yang diberi amanah menjalankan roda pemerintahan, untuk tidak menggadaikan integritas moralnya. "Jangan pernah berpikir, apalagi tergoda untuk berkompromi dengan integritas kita, utamanya menyalahgunakan wewenang untuk kepentingan pribadi, seperti melakukan tindak pidana korupsi," ujar Presiden SBY dalam pidato kenegaraannya di rapat paripurna khusus DPD di Senayan, Rabu (19/8).

Presiden mengingatkan, godaan bagi pejabat daerah saat ini sungguh besar lantaran di era otonomi daerah, kewenangan yang diberikan kepada daerah cukup besar. Kalau tidak hati-hati menjalankan kewenangannya ini, para pejabat daerah bisa terperosok ke jeruji penjara. "Kalau tidak menjaga integritas, tidak memegang teguh amanah dan menyimpang dari ketentuan yang berlaku, jeratan hukum karena korupsi setiap saat bisa terjadi," ujar Presiden SBY mengingatkan. Dalam acara itu, hadir pula seluruh kepala daerah se-Indonesia.

Presiden lebih lanjut menjelaskan, pakta integritas sebenarnya bisa menjadi pagar agar para pejabat daerah tidak menyalahgunakan kekuasaannya. Jika berani melanggar pakta integritas itu, maka konsekuensinya antara lain hilangnya kepercayaan masyarakat kepada para pejabat. "Jika tidak berhasil menjaga integritas dan profesionalitas kerjanya, harus siap kehilangan kepercayaan dari rakyat yang dipimpinnya," urainya.

JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan kepada seluruh pejabat di daerah agar tetap menjaga integritas moral dalam mengelola keuangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News