Pekerja Anak di Tambang Liar Perlu Perhatian

Pekerja Anak di Tambang Liar Perlu Perhatian
Pekerja Anak di Tambang Liar Perlu Perhatian
BANGKEP – Fenomena munculnya anak-anak yang bekerja di tambang liar perlu mendapat respons pemerintah, khususnya Dinas Sosial dan Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangkep. Hal itu disampaikan Adi Diman, salah seorang tokoh masyarakat di Salakan kepada Radar Sulteng (JPNN Group).

Menurutnya, pemerintah perlu melakukan introspeksi, karena anak-anak usia sekolah yang melakoni pekerjaan kasar semestinya tidak dilakukan, karena pekerjaan itu ranah pria dewasa. Karena bekerja sebagai penambang batu, merupakan pekerjaan yang sangat berisiko bagi perkembangan pribadi dan fisik anak-anak.

“Ini menandakan pemerintah gagal dalam memberikan jaminan pekerjaan yang layak bagi penduduknya,” katanya seperti yang dilansir Radar Sulteng, Sabtu (27/10).

Adi menyampaikan,m pemerintah tidak boleh menutup mata dengan fenomena tersebut. “Anak-anak mempunyai hak yang diatur Undang-Undang tentang pendidikan dan kesehatan. Jangan sampai hanya karena pemerintah tidak bisa menyediakan lapangan kerja, anak-anak lah yang menjadi korban,” ujarnya.

BANGKEP – Fenomena munculnya anak-anak yang bekerja di tambang liar perlu mendapat respons pemerintah, khususnya Dinas Sosial dan Tenaga kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News