Pelaku Gendam dengan Modus Kenalan Lama di Kotim Ditangkap, Korbannya Banyak

Pelaku Gendam dengan Modus Kenalan Lama di Kotim Ditangkap, Korbannya Banyak
Polres Kotim memberikan keterangan pers pengungkapan kasus penipuan dengan menunjukkan sejumlah barang bukti di Mako Polres setempat, Rabu (23/10/2024). Foto: ANTARA/Devita Maulina.

jpnn.com, SAMPIT - Polisi berhasil menangkap pelaku gendam atau hipnotis di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah. Setiap beraksi, pelaku selalu menggunakan modus berpura-pura menjadi kenalan lama korban.

“Kejadian ini sempat menjadi perhatian publik karena banyak masyarakat yang mengadu kepada kami sehingga kami dari Satreskrim melakukan penyelidikan dan mengamankan terduga pelaku,” kata Kasat Reskrim Polres Kotim AKP Iyudi Hartanto di Sampit, Kamis.

Iyudi menyampaikan kasus ini terungkap berawal dari laporan warga berinisial SM, 65, yang merupakan korban dari pelaku yang berinisial NH, 41, pada Rabu (19/10).

Modus yang digunakan pelaku dalam menjalankan aksinya adalah menghampiri sasarannya kemudian menanyakan sesuatu dan berpura-pura pernah mengenal korban. Pelaku lalu mengajak korban ke suatu tempat dengan dalih ada seseorang yang ingin bertemu dan memberi uang untuk korban.

“Selanjutnya, ketika sampai di lokasi yang dimaksud, pelaku meminta korban untuk menitipkan barang bawaannya ke pelaku, dan kemudian pelaku kabur membawa barang yang dititipkan tersebut,” ujarnya.

Modus itulah yang digunakan pelaku kepada SM. Kejadian yang dialami SM berlokasi di Jalan Rahadi Usman Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Saat itu korban menuju Bank BRI dengan membawa tas berisi barang-barang berharga dan uang tunai untuk dikirimkan ke anaknya guna biaya persalinan.

Kemudian, pelaku yang melihat korban sebagai sasarannya langsung menghampiri menggunakan sepeda motor dan mengajak bersalaman.

Polisi berhasil menangkap pelaku gendam atau hipnotis di Kabupaten gendam (Kotim), Kalimantan Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News