Pelni Peringatkan Penumpang Bandel

Pelni Peringatkan Penumpang Bandel
Pelni Peringatkan Penumpang Bandel

jpnn.com - PABEAN CANTIAN – Masih banyak penumpang kapal yang naik kapal tanpa memperhatikan keselamatan. Salah satunya, penumpang KM Ciremai dengan tujuan Sorong, Papua.

Terlihat banyak penumpang yang memilih duduk di sekoci, dek, dan pinggir kapal. Padahal, ada ruangan khusus yang disediakan bagi penumpang tersebut.

Meski sirene kapal sudah dibunyikan, penumpang itu tetap saja duduk di pinggir kapal. Mereka seolah-olah tidak menghiraukan suara sirene. Bahkan, ada penumpang yang membuat tenda-tenda dengan kain yang mereka bawa.

Kepala Humas PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Dhany R. Agustian mengungkapkan, kondisi tersebut terjadi hampir pada semua kapal. Jadi, bukan hanya kapal milik PT Pelni. Namun, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. ’’Kami sudah mengingatkan operator kapal. Sebab, itu menyangkut keselamatan penumpang,’’ ujarnya.

Ketika dikonfirmasi, General Manager PT Pelni Presda Simangasing menyatakan telah meminta petugas di kapal menasihati penumpang untuk tidak duduk di pinggir kapal. Sebab, hal tersebut dapat membahayakan mereka.

’’Kami sudah mengimbau penumpang tidak duduk di sana. Tapi, mereka selalu beralasan untuk melihat keluarga sebelum berangkat,’’ jelasnya.

Presda menambahkan, pihaknya sudah berkali-kali mengimbau dan melarang demi keselamatan penumpang. Namun, penumpang masih nekat. ’’Saat kami berusaha menindak tegas, penumpang malah memberontak. Akhirnya, terjadi pertengkaran antara petugas dan penumpang,’’ ungkapnya.

PT Pelni tetap menindak dengan memanggil penumpang, kemudian memberi tahu mereka untuk tidak mengulangi tidakan itu. ’’Kami sudah memperingatkan. Tapi, mereka yang membandel. Kalau ada yang jatuh dari kapal, nanti kami lagi yang disalahkan,’’ terangnya. ’’Sudah tabiatnya begitu, memang susah diubah,’’ lanjut Presda. (ind/c14/ai)

PABEAN CANTIAN – Masih banyak penumpang kapal yang naik kapal tanpa memperhatikan keselamatan. Salah satunya, penumpang KM Ciremai dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News