Pembangunan IKN Jadi Daya Ungkit Realisasi Investasi di Kalimantan Timur

Pembangunan IKN Jadi Daya Ungkit Realisasi Investasi di Kalimantan Timur
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim Fahmi Prima Laksana. Foto: supplied

jpnn.com, SAMARINDA - Hadirnya proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi magnet baru bagi investasi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dampak positif IKN berhasil menjadi daya ungkit investasi daerah dan menarik para calon investor dalam negeri dan asing untuk menanamkan modalnya di Benua Etam.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim Fahmi Prima Laksana mengatakan capaian realisasi investasi di Provinsi Kalimantan Timur hingga Triwulan III Tahun 2024 mencapai Rp 55,82 triliun.

Target realisasi investasi Provinsi Kaltim sendiri di tahun 2024, ditetapkan pencapaiannya sebesar Rp 76,02 triliun.

Akumulasi realisasi investasi Triwulan III/2024 terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp Rp 38,65 triliun dan realisasi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 17,16 triliun.

Fahmi optimistis realisasi investasi di Kaltim hingga Desember 2024 akan mencapai target yang telah ditetapkan. Bahkan mungkin, bisa melebihi angka Rp 76,02 triliun.

“Karena track record capaian realisasi investasi kita cukup baik dalam beberapa tahun terakhir. Sejak tahun 2020, realisasi investasi Kaltim terus mengalami peningkatan bahkan melampaui target yang telah ditetapkan,” kata Fahmi saat jumpa pers bersama awak media.

Riwayat kinerja realisasi investasi Kaltim memang gemilang.

Hadirnya proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi magnet baru bagi investasi Kalimantan Timur (Kaltim).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News