Pembangunan Rel KA Kalteng Dimatangkan

Pembangunan Rel KA Kalteng Dimatangkan
Pembangunan Rel KA Kalteng Dimatangkan
JAKARTA - Pembangunan rel kereta api di Kalimantan Tengah terus dimatangkan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta, pembangunan rel yang menjadi bagian dari mega proyek MP3EI (masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia) itu bisa segera dirapikan rencana detilnya.

"Presiden meminta bulan depan kita rapikan dalam kaitan MP3EI," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi. Presiden sempat memanggil Gamawan dan Gubernur Kalteng Teras Narang ke Kantor Presiden, Jumat (16/12) petang, untuk membahas rencana tersebut.

"Bulan depan kita presentasikan lebih rinci. Perencanaannya, sumber pembiayaannya, dan waktu (pengerjaannya)," terang Gamawan. Dalam pertemuan tersebut, kata dia, Gubernur Teras Narang menjelaskan mengenai konsep pembangunan rel kereta api itu. termasuk mengenai kekhawatiran kerusakan hutan.

Area pembangunan rel kereta api itu adalah Puruk Cahu sampai Bangkuang-Batanjung-Lupak. Jaraknya mencapai 400 kilometer dan menghubungkan lima kabupaten. Yakni Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Kapuas. Direncanakan, rel tersebut akan beroperasi pada tahun 2015. Jika sukses, empat provinsi lain di Kalimantan akan terhubung satu sama lain dengan rel tersebut.

JAKARTA - Pembangunan rel kereta api di Kalimantan Tengah terus dimatangkan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta, pembangunan rel yang menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News