Pemberitaan Tentang Jokowi Lebih Positif Dibanding Foke

Berkah Terapkan Strategi Ilmu Padi

Pemberitaan Tentang Jokowi Lebih Positif Dibanding Foke
Pemberitaan Tentang Jokowi Lebih Positif Dibanding Foke
JAKARTA - Riset Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menunjukkan pemberitaan media terhadap cagub DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi lebih positif dibanding pesaingnya, Fauzi Bowo. Hasil ini didapat dari analisis pemberitaan cagub oleh 16 media yang terdiri dari media online, cetak dan televisi.

Berdasarkan riset yang terbagi dalam 3 periode dari 1 Juni 2012 hingga 13 September 2012, mayoritas pemberitaan mengenai Jokowi bernada (tone) positif. Dari 1.257 berita mengenai Jokowi, hanya ada 172 berita negatif dan 275 berita netral. Sementara sisanya merupakan berita positif.

 

Sedangkan untuk Fauzi Bowo dari 1.156 berita terdapat 666 berita positif dan 260 bernada negatif. "Jika seluruh periode penelitian digabungkan, 1 Juni hingga 13 September 2012, Joko Widodo masih unggul tipis dalam perolehan berita foto dan peliputan kandidat secara tunggal," kata project officer riset pemilukada DKI, Rika Theo di Hall Dewan Pers, gedung Jakarta Media Center, Jalan Kebon Sirih, Minggu (16/9).

 

Koordinator Bidang Komunikasi & Media Center, Tim Kampanye Jokowi-Basuki, Budi Purnomo Karjodihardjo yang ikut menghadiri acara menyambut baik hasil riset AJI. Budi berharap, pasangan Jokowi-Ahok tidak hanya menang dalam pemberitaan positif tetapi juga dalam pemungutan suara tanggal 20 September mendatang.

 

JAKARTA - Riset Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menunjukkan pemberitaan media terhadap cagub DKI Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi lebih positif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News