Pembunuh Sisca Terancam Hukuman Mati

Pembunuh Sisca Terancam Hukuman Mati
SIDANG PERDANA: Satu dari dua terdakwa dalam kasus pencurian dengan kekerasan yang menimbulkan jatuhnya korban jiwa bernama Fransisca Yofie alias Sisca, Wawan alias Awing (kiri), tertunduk lesu saat mengikuti jalanya sidang perdana kasus tersebut di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (2/12).Foto: Denny Kusdinar Pratama/Bandung Ekspres.

jpnn.com - BANDUNG-  Isak tangis keluarga Sisca Yofie mewarnai sidang perdana dua terdakwa kasus tewasnya Sisca yakni Wawan alias Awing (39) dan Ade Ismayadi (24).

Sidang kasus pembunuhan manajer cantik itu digelar di ruang VI Pengadilan Negeri Bandung sejak pukul 09.50 WIB kemarin dengan agenda pembacaan dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU). Dalam sidang tersebut, Wawan dipanggil terlebih dahulu disusul keponakannya, Ade.

Empat kakak kandung Sisca yakni Nefi, Silvi, Elvi, Meivi yang menghadiri sidang dan duduk di kursi barisan depan ruang pengunjung, tak mampu menahan tangis kala terdakwa mulai disidang.

Sidang kasus yang sempat menghebohkan warga Bandung itu, berlangsung dibawah pengawalan ketat sejumlah polisi. Tampak beberapa orang polisi melakukan penjagaan di dalam maupun di luar ruangan sidang. Selain itu, sejumlah warga sipil turut menyaksikan sidang perdana kasus Sisca Yofie tersebut.

Dalam dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum, kedua terdakwa terancam hukuman penjara maksimal seumur hidup. Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Parulian Lumban Toruan dengan hakim anggota Parlas Nababan dan Marudut Bakara itu menyatakan bahwa Wawan dan Ade terbukti melanggar pasal 365 KUHP ayat 2 dan 4 tentang pencurian dengan kekerasan (curas) yang menyebabkan luka berat atau kematian. Pasal 339 KUHP jo 55 ayat 1 dimana pembunuhan yang diikuti kejahatan serta Subsidair pasal 338 KUHP tentang perampasan yang menyebabkan kematian orang lain.

Atas dakwaan JPU, kedua terdakwa melalui kuasa hukumnya mengajukan esepsi keberatan dan majelis hakim memberi satu minggu untuk mengajukan keberatan.

"Sidang akan dilanjutkan pada Senin 9 Desember dengan agenda pembacaan esepsi dari terdakwa," kata Ketua Majelis Hakim Parulian Lumban Toruan dalam persidangan yang digelar di ruang VI PN Bandung, Senin (2/12).

JPU Rinaldi Umar mengatakan, kedua terdakwa terancam maksimal hukuman mati dengan subsider maksimal 15 tahun kurungan penjara.

BANDUNG-  Isak tangis keluarga Sisca Yofie mewarnai sidang perdana dua terdakwa kasus tewasnya Sisca yakni Wawan alias Awing (39) dan Ade Ismayadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News