Pemda Dilibatkan Jaga Inflasi

Pemda Dilibatkan Jaga Inflasi
Pemda Dilibatkan Jaga Inflasi
JAKARTA — Pemerintah tetap optimis bulan Maret ini akan terjadi deflasi. Karena itulah, Pemerintah Pusat melalui tim monitoring berupaya menjaga agar inflasi tidak terjadi dengan melibatkan Pemerintah Daerah.

Pada wartawan, Gubernur BI Darmin Nasution mengatakan, terjadinya deflasi seiring dengan masuknya musim panen dan normalnya harga-harga kebutuhan pokok. Momentum inilah yang harus dijaga, agar tidak terjadi perubahan pada kebijakan moneter dan makro APBN.

‘’Kita yakinkan Pemda, untuk mewaspadai inflasi. Karena inflasi itu juga gabungan dari masing-masing daerah di seluruh Indonesia. Jadi ini bukan hanya soal nasional, karena 77 persen inflasi itu ditentukan daerah luar Jakarta,’’ kata Darmin pada wartawan di Jakarta, Senin  (21/3).

Keterlibatan Pemda kata Darmin sangat penting, karena setiap kebijakan di tingkat pusat diharapkan berjalan hingga ke tingkat daerah. Khususnya memastikan, produksi sentra-sentra pertanian untuk memenuhi stok ketahanan pangan.

JAKARTA — Pemerintah tetap optimis bulan Maret ini akan terjadi deflasi. Karena itulah, Pemerintah Pusat melalui tim monitoring berupaya menjaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News