Pemda Diminta Urus Konflik Agama

Pemda Diminta Urus Konflik Agama
Pemda Diminta Urus Konflik Agama
JAKARTA--Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk dapat menyelesaikan masalah sosial dan keagamaan di daerahnya masing-masing. Menurutnya, hal ini merupakan usulan yang diterimanya dari beberapa kepala daerah kepadanya.

"Saya menerima ada keluhan dari kepala daerah. Jadi mereka itu mengeluh kenapa persoalan-persoalan di daerah selalu dibawa ke pusat? Mereka meminta agar biarkan mereka menyelesaikan. Jadi kalau ada persoalan di daerah hal kecil yang kemudian dilempar ke pusat, pemerintah daerah merasa seolah-olah tidak memiliki kemampuan untuk mengatasi itu," ungkap Suryadharma di Jakarta, Rabu (4/1).

Salah satu masalah keagamaan yang terjadi di daerah dan dibawa ke ranah pemerintah pusat adalah konflik yang terjadi antara Sunni-Syiah di Sampang, Madura. Bahkan, konflik yang juga terdapat aksi kekerasan dan kerusuhan akibat terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Awalnya dipicu persoalan antar keluarga. Hal kecil, tapi diprovokasi menjadi besar. Jadi  oleh karenanya, tentu kita serahkan kepada daerah bagaimana mengatasinya. Saya juga yakin pejabat daerah lebih memahami masalahnya," imbuhnya. (Cha/jpnn)


JAKARTA--Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk dapat menyelesaikan masalah sosial dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News