Pemda Dinilai Enggan Investasi di Kelautan

Pemda Dinilai Enggan Investasi di Kelautan
Pemda Dinilai Enggan Investasi di Kelautan
JAKARTA - Pihak pemerintah daerah (pemda) pada umumnya, dinilai kurang berperan aktif dalam meningkatkan investasi di sektor kelautan. Mereka disebut lebih senang berinvestasi di darat. Menurut Nurliah, anggota Komisi IV DPR RI, hal itu sebenarnya sangat disayangkan, sebab kekayaan laut Indonesia sangat banyak dan belum diolah secara maksimal.

"Peran serta kepala daerah harus digenjot. Jangan hanya perhatian ke darat saja, sementara laut tidak. Kekayaan laut kita merupakan harta karun yang harus digali. Jangan dibiarkan," ungkap Nurliah, dalam raker dengan Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia (Dekin) Fadel Muhammad, di ruang rapat Komisi IV DPR RI, Senin (17/5).

Nurliah menilai, keengganan kepala daerah menggarap sektor kelautan adalah karena usaha tersebut balik modalnya lama. Lain halnya dengan usaha di darat yang cepat mendapatkan keuntungan. Kurangnya perhatian kepala daerah ini, turut diakui oleh Fadel. Menurutnya, (kebanyakan) pemda memang masih memandang sebelah mata pengelolaan sektor kelautan itu.

Kelautan juga menurutnya, dianggap sebagai sektor yang tidak penting dan tak potensial, sehingga pengelolaannya ala kadarnya. "Sektor kelautan sampai saat ini masih termarginalkan. Akibatnya, kelautan kita kondisinya terus terpuruk," ucapnya.

JAKARTA - Pihak pemerintah daerah (pemda) pada umumnya, dinilai kurang berperan aktif dalam meningkatkan investasi di sektor kelautan. Mereka disebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News