Pemerintah Dianggap Tak Serius Lindungi Rakyat Papua

Pemerintah Dianggap Tak Serius Lindungi Rakyat Papua
Pemerintah Dianggap Tak Serius Lindungi Rakyat Papua
JAKARTA - Papua adalah bagian dari integral Indonesia. Namun selama sepuluh tahun terakhir, berbagai kasus muncul di Papua. Hal itu sangat merugikan masyarakat Papua dan Indonesia.

"Papua bagian integral Indonesia, tapi tidak ada pengakuan jujur dan memberikan pemikiran yang konstruktif tentang Papua selama ini," kata tokoh masyarakat Papua, Michael Manufandu dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) Komisi I DPR di Jakarta, Kamis (7/6).

Dalam RDPU yang dipimpin Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq itu Manufandu membeberkan beberapa penyebab beragam kasus yang muncul di Papua selama 10 tahun terakhir ini. Penyebabnya antara lain adanya perubahan sosial karena kemajuan Papua itu sendiri. "Kemajuan membuat perubahan sosial cepat," ulasnya.

Selain itu mantan Wali Kota Jayapura itu juga menyebut perubahan sosial yang terjadi telah menyebabkan kecemburuan sosial. Bahkan, tegasnya, ada kecemburuan di antara institusi.  "Gesekan di antara mereka itu membias ke lapangan," tegasnya.

JAKARTA - Papua adalah bagian dari integral Indonesia. Namun selama sepuluh tahun terakhir, berbagai kasus muncul di Papua. Hal itu sangat merugikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News