Pemerintah Dinilai Tak Konsisten Terapkan Otda

Pemerintah Dinilai Tak Konsisten Terapkan Otda
Pemerintah Dinilai Tak Konsisten Terapkan Otda
JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman, mengatakan Realitas pemerintahan yang berjalan dengan kabinet yang sangat gemuk lebih dari 30 menteri, memberi sinyal bahwa presiden masih tidak rela melaksanakan otonomi daerah secara konsisten.

Menurutnya, ketidakrelaan ini bisa dilihat dari kenyataan kewenangan pemerintah pusat yang merosot secara drastis, tidak seperti era sentralisasi dulu.

"Semakin gemuk postur sebuah kabinet, sebenarnya menjadi indikasi ketidakrelaan politis itu," kata Irman, didampingi sejumlah anggota DPD, dalam paparan refleksi akhir tahun 2012 DPD RI, Kamis (27/12), di gedung parlemen, di Jakarta.

Menurut Irman, tidak mengherankan bila pemerintah terkesan bernafsu memangkas otonomi demi memertahankan kuasa pusat. Hal itu, kata dia, memberi akibat logis banyaknya regulasi pusat yang dirasakan tidak adil oleh daerah-daerah yang kini otonom. "Desentralisasi secara paradigmatik ternyata lebih berjalan secara retorik ketimbang administratif apalagi konstitusional," kata Irman.

JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman, mengatakan Realitas pemerintahan yang berjalan dengan kabinet yang sangat gemuk lebih dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News