Pemerintah Jamin Jalur Mudik Lebih Mulus

Pemerintah Jamin Jalur Mudik Lebih Mulus
Pemerintah Jamin Jalur Mudik Lebih Mulus

Menteri Djoko Jamin Jalan Mudik Mulus

JAKARTA --- Menjelang musim mudik lebaran, Departemen Pekerjaan Umum (DPU) seolah berkejaran dengan waktu untuk merampungkan perbaikan sejumlah ruas jalan utama. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menjamin kondisi jalan untuk lebaran tahun 2008 lebih baik dari tahun lalu.

     ”Jalur lintas timur  Sumatera yang tahun lalu masih banyak jalan substandard dengan lebar 4,5 meter, tahun ini sudah dilebarkan semua. Tahun lalu Jakarta-Demak masih tiga lajur, sekarang sudah empat lajur” ujar Djoko di Jakarta kemarin.

     Untuk jalur selatan Jawa, khususnya di titik rawan kemacetan seperti Simpang Nagreg, Djoko menyatakan bahwa jalan lingkar Nagreg sepanjang 600 meter dari rencana 5,5 kilometer sudah dapat digunakan pemudik tahun ini. ”Nagreg memang belum selesai sesuai yang direncanakan. Namun kita usahakan shortcut sepanjang 600 meter sudah selesai H-10 dan bisa digunakan,” katanya.

     Paket lingkar Nagreg meliputi pembangunan jalan lingkar, terowongan (underpass) dan jalan layang (flyover). Jalan terowongan nantinya akan berada dibawah jalan lingkar sedangkan jalan layang akan melintasi rel kereta api. Dengan pembangunan paket lingkar Nagrek diharapkan tidak ada lagi simpangan sebidang antara rel kereta api dengan jalan menuju Tasikmalaya dan Garut yang kerap sebabkan kemacetan di daerah itu.

     Secara terpisah, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyarankan agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik ke kampung halaman karena tidak aman. Sekitar 90 persen dari 236 orang yang menjadi korban kecelakaan selama massa mudik 2007 adalah dari pengendara dan penumpang sepeda motor.

Menteri Djoko Jamin Jalan Mudik Mulus JAKARTA --- Menjelang musim mudik lebaran, Departemen Pekerjaan Umum (DPU) seolah berkejaran dengan waktu untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News