Pemerintah Kebut RPJM 2010-2014

Pemerintah Kebut RPJM 2010-2014
Pemerintah Kebut RPJM 2010-2014
JAKARTA – Menteri Negara Perecanaan Pembangunan Nasional (Meneg PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Paskah Suzetta memastikan pihak pemerintah berupaya menyelesaikan kerangka rencana pembangunan yang diprogram untuk tahun-tahun sebelumnya di samping sisa-sisa pekerjaan yang diprogram untuk tahun sekarang untuk menjaga kesinambungan pembangunan setelah pemerintahan beralih.

“Pemerintah bertekad menyelesaikannya dalam kurun waktu pemerintahan yang hanya tinggal kurang lebih 7-8 bulan,” ujar Paskah Suzetta dalam rapat kerja (raker) dengan Panitia Ad Hoc (PAH) IV DPD, dipimpin Ketua PAH IV DPD Anthony C Sunarjo (Maluku Utara) di Ruang GBHN Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen, Senayan—Jakarta, Senin (2/3).

Target pertama, kata Paskah, pemerintah harus menyelesaikan kerangka Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2010-2014 untuk pemerintahan saat nanti. Penyelesaiannya mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU 17/2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025. “Memang ini harus disiapkan pemerintahan saat kini,” ujarnya.

Kerangka tersebut, menurut Paskah, akan bermanfaat dan memudahkan pemerintahan saat nanti karena rentang waktunya 20 tahun yang terbagi dalam tahapan demi tahapan 5 tahun beserta sasaran-sasarannya. Jika sasaran-sasaran pemerintahan saat kini adalah agenda aman dan damai, agenda menyejahterakan rakyat, dan agenda adil dan demokratis maka sasaran-sasaran 5 tahun saat nanti adalah memperkuat daya saing nasional.

JAKARTA – Menteri Negara Perecanaan Pembangunan Nasional (Meneg PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Paskah Suzetta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News