Pemerintah Klaim Harga Pangan Mulai Turun

Pemerintah Klaim Harga Pangan Mulai Turun
Pemerintah Klaim Harga Pangan Mulai Turun
JAKARTA — Pemerintah mengklaim saat ini harga-harga kebutuhan pangan di masyarakat mulai turun. Selain diklaim karena intervensi pemerintah melalui Operasi pasar (OP), juga karena sudah masuk musim panen khususnya untuk harga beras dan cabe. Dengan penurunan harga, diharapkan bisa menekan inflasi.

"Kita memang lihat beras relatif turun, cabe merah, cabe rawit, semuanya dalam kondisi turun. Ini harapan besar untuk inflasi bulan ini jangan sampai naik,’’ kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan, usai rapat ketahanan pangan di kantor Kementrian perekonomian, Jakarta, Rabu (9/2).

Meski sudah relatif turun, namun pemerintah tetap terus memantau gejolak harga di pasar. Termasuk memantau perkembangan harga pangan dunia yang ikut mempengaruhi harga pangan dalam negeri. Harga bisa saja melonjak tinggi kembali bila terjadi pengaruh seperti iklim.

"Mudah-mudahan inflasi di Februari tidak tinggi atau bisa saja deflasi karena beras turun. Tapi saya belum bisa pastikan karena masih ada minggu ketiga dan keempat. Tadi sudah ada trend kenaikan harga kedelai, minyak goreng juga, gula pasir agar bertahan sedikit," kata Rusman.

JAKARTA — Pemerintah mengklaim saat ini harga-harga kebutuhan pangan di masyarakat mulai turun. Selain diklaim karena intervensi pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News