Pemerintah Klaim Impor Sapi Selamatkan Peternak

Pemerintah Klaim Impor Sapi Selamatkan Peternak
Pemerintah Klaim Impor Sapi Selamatkan Peternak
JAKARTA - Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Prabowo Respatiyo Caturroso mengklaim impor daging dan sapi bakalan untuk menyelamatkan peternak dan mempertahankan suasana kondusif iklim usaha.

"Kenapa kita harus tetap melakukan importase? Ini salah satunya untuk ketahanan sapi lokal kita. Kalau mengandalkan sapi lokal saja, bisa-bisa jumlahnya terus berkurang dan volume impor akan bertambah. Tapi importase sapi bakalan atau daging harus sesuai aturan perundang-undangan," ulas Prabowo dalam rapat dengar pendapat Komisi IV DPR RI, Senin (21/3).

Untuk menjaga terjadinya importase ilegal, kebijakan operasional yang dijalankan pemerintah adalah impor sapi bakalan dan daging hanya dilakukan untuk menutupi kekurangan produk dalam negeri. Harus ada Surat Persetujuan Pemasukan (SPP) sebagai instrumen kontrol supply-demand daging dan sapi potong di dalam negeri.

"Sapi bakalan impor harus dipelihara dalam negeri selama 60-90 hari dengan berat maksimal pemasukan 350 kg. Selain itu, impor daging diprioritaskan untuk pemenuhan segmen khusus dan industri pengolahan," terangnya.

JAKARTA - Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Prabowo Respatiyo Caturroso mengklaim impor daging dan sapi bakalan untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News