Pemerintah RI Resmi Luncurkan Portal INA OECD untuk Tingkatkan Transparansi

Pemerintah RI Resmi Luncurkan Portal INA OECD untuk Tingkatkan Transparansi
Pemerintah Indonesia resmi meluncurkan portal Aksesi Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Jakarta pada Kamis (3/10). Foto: Dokumentasi Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia resmi meluncurkan portal Aksesi Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Jakarta pada Kamis (3/10).

Peluncuran ini untuk memastikan proses aksesi dilakukan secara inklusif dan transparan.

Peluncuran portal Aksesi OECD dan Informasi Aksesi (INA) OECD sebagai platform digital yang dirancang untuk mendukung kelancaran proses aksesi Indonesia.

Portal ini digunakan untuk kolaborasi dan komunikasi antarpemangku kepentingan selama proses aksesi.

Selain itu, platform INA OECD juga diharapkan dapat mempercepat waktu respons dan memfasilitasi kolaborasi yang lebih efisien antarpemangku kepentingan, termasuk koordinasi dengan pihak OECD.

Seluruh pemangku kepentingan akan dapat mengakses perencanaan, pelacakan kemajuan, penyimpanan dokumen digital, dan pengelolaan kalender secara terstruktur dan aman.

Selain itu, sistem tersebut juga terbuka untuk masukan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk akademisi, sektor swasta, dan masyarakat sipil.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga menyampaikan peluncuran Portal Aksesi OECD dan INA OECD ini merupakan langkah nyata untuk mempercepat reformasi di berbagai sektor, termasuk ekonomi, digitalisasi, dan tata kelola pemerintahan.

Pemerintah RI resmi meluncurkan portal INA OECD untuk memastikan proses aksesi dilakukan secara inklusif dan transparan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News