Pemerintah Rombak Total APBN 2009

Rancangan Perubahan Diajukan Februari Nanti

Pemerintah Rombak Total APBN 2009
Pemerintah Rombak Total APBN 2009
JAKARTA - Belum lagi dilaksanakan, UU APBN 2009 segera dirombak total oleh pemerintah. Terus bergeraknya asumsi-asumsi makro seiring dengan tak menentunya ekonomi dunia mendorong pemerintah membuat penyesuaian. Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta, rancangan APBN Perubahan 2009 akan diajukan Februari mendatang.

''Anggaran pemerintah sangat fluktuatif dan asumsi bisa berubah setiap saat. Kita sudah siapkan skenario yang ada. Bisa saja yang diketok oleh DPR diubah pada Februari nanti, dan mengubah postur pembiayaan,'' kata Paskah, Kamis (13/11).

Paskah mengatakan, pemerintah telah menyiapkan tiga skenario pertumbuhan ekonomi. Skenario pesimistis berada di kisaran 5-5,5 persen, moderat 5,5-5,8 persen, dan optimistis 6 persen. Nilai tukar rupiah juga akan diubah seiring dengan pelemahan nilai tukar atas dolar AS saat ini. ''Sekarang di pasar sudah lebih dari Rp 10.000 per USD. Kalau tidak direvisi, bisa memengaruhi budget kita,'' ujarnya.

Dalam APBN saat ini, asumsi nilai tukar dipatok USD 9.400 per USD. Asumsi lain yang akan diubah adalah harga minyak yang saat ini dipatok USD 80 per USD.

JAKARTA - Belum lagi dilaksanakan, UU APBN 2009 segera dirombak total oleh pemerintah. Terus bergeraknya asumsi-asumsi makro seiring dengan tak menentunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News