Pemerintah Tak Gegabah Urus Exxon

Pemerintah Tak Gegabah Urus Exxon
Pemerintah Tak Gegabah Urus Exxon
JAKARTA-- Pemerintah hingga saat ini belum mengambil keputusan untuk menyerahkan Blok Cepu pada Pertamina sesuai desakan anggota DPR RI. Kepala Biro Hukum Departemen Energi Sumber Daya Mineral Ruston Situmorang menjelaskan, sikap itu diambil karena pemerintah ingin terlebih dahulu mendapatkan masukan dari semua pihak.

“Memang suara anggota DPR RI untuk mempinalti Exxon sangat kuat, tapi ini kan perjanjian dengan investor luar jadi tidak bisa kita langsung putus. Harus ada pertimbangan-pertimbangan yang mendasar,” kata Ruston yang dihubungi di Jakarta, Selasa (4/8).

Ditambahkannya, Pertamina hanya menjadi pialang. Meski begitu kalau semua pihak merekomendasi Pertamina, pemerintah akan merespon positif. “Pada dasarnya pemerintah dalam memutuskan masalah blok Cepu tetap melihat pada kajian komprehensifnya. Tidak hanya satu pihak tapi semua pihak,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam rapat kerja anggota Komisi VII DPR RI dengan PT Pertamina, meminta BUMN tersebut mengambil alih pengelolaan Blok Cepu. Ini karena Exxon belum bisa merealisasikan produksi minyak 20 ribu barel per hari.

JAKARTA-- Pemerintah hingga saat ini belum mengambil keputusan untuk menyerahkan Blok Cepu pada Pertamina sesuai desakan anggota DPR RI. Kepala Biro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News