Pemerintah Tawarkan Pinjaman untuk Proyek Tol di Kaltim

Pemerintah Tawarkan Pinjaman untuk Proyek Tol di Kaltim
Pemerintah Tawarkan Pinjaman untuk Proyek Tol di Kaltim
JAKARTA - Kementerian Keuangan melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) memberi kesempatan kepada Provinsi Kalimantan Timur untuk mengajukan pinjaman guna membiayai proyek pembangunan tol Balikpapan-Samarinda, serta kawasan industri terpadu Maloy di Kutai Timur. Pinjaman berbunga di bawah 10 persen tersebut bisa segera dikucurkan PIP selama diajukan atas persetujuan bersama DPRD.

Tawaran tersebut dikemukakan Kepala Pusat PIP, Soritaon Siregar dalam pertemuan yang digelar di Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada Rabu (9/3). Dijelaskan Soritoan, pinjaman merupakan misi pemerintah bagi percepatan pembangunan infrastruktur di daerah. Dana pinjaman PIP, lanjut dia, bersumber dari keuntungan APBN, pendapatan negara serta sumber pemasukan lain yang sah.

Yang patut dicatat, kata pria yang akrab disapa dengan nama Sori itu, proyek yang diajukan harus layak secara finansial maupun fisik. Dengan kata lain, PIP selaku kepanjangan tangan Kementerian Keuangan meminta daerah agar bisa jadi pengusaha untuk daerahnya sendiri.

Meski begitu, PIP tetap akan membantu untuk proyek yang nilai finansialnya rendah. Ini sudah dibuktikan dengan kerjasama pembangunan rumah sakit di Provinsi Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu.

JAKARTA - Kementerian Keuangan melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP) memberi kesempatan kepada Provinsi Kalimantan Timur untuk mengajukan pinjaman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News