Pemerintah Terus Bagi-bagi Tanah

BPN Didistribusikan 300 ribu Ha Lahan Lewat Landreform

Pemerintah Terus Bagi-bagi Tanah
Pemerintah Terus Bagi-bagi Tanah
JAKARTA – Pemerintah akan terus melanjutkan program land-reform melalui redistribusi kepemilikan lahan kepada masayarakat. Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Joyo Winoto mengatakan, pada tahun 2009 ini target lahan yang akan didistribusikan mencapai 300 ribu hektar.

Hal itu disampaikan Joyo Winoto pada rapat dengar pendapat Komisi II DPR dengan BPN di Jakarta, Senin (15/6). Menurutnya, target distribusi lahan untuk masyarakat tahun ini meningkat dibanding tahun 2008. “Tahun lalu hanya 267.363 hektar,” ujar Joyo Winoto.

Menurutnya, ada empat prinsip yang menjadi acuan dalam kebijakan dan strategi pengelolaan pertanahan.  “Pengelolaan pertanahan harus berkontribusi pada prosperity (kemakmuran), equity (keadilan), social welfare. (kesejahteraan social) dan berkesinambungan,” ujarnya.

Meski demikian dalam RDP itu Joyo juga mengakui adanya hambatan-hambatan yang menjadi isu strategis dalam pengelolaan pertanahan. Anggota Tim Sukses SBY pada Pilpres 2004 itu menyebut ada delapan isu strategis dalam pengelolaan pertanahan.

JAKARTA – Pemerintah akan terus melanjutkan program land-reform melalui redistribusi kepemilikan lahan kepada masayarakat. Kepala Badan Pertanahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News