Pemilih Cenderung Coblos Caleg Ketimbang Partai

Survei Pol-Tracking, Latar Belakang Artis Kurang Diminati

Pemilih Cenderung Coblos Caleg Ketimbang Partai
Pemilih Cenderung Coblos Caleg Ketimbang Partai

JAKARTA - Jumlah surat suara yang dicoblos pada nama dan nomor urut calon anggota legislatif diprediksi lebih banyak daripada nomor dan gambar partai politik. Sebab, pemilih akan lebih mempertimbangkan figur caleg daripada asal partainya.

     

Hasil survei Pol-Tracking Institute terhadap 1.200 responden menunjukkan, 69,2 persen pemilih lebih mempertimbangkan figur caleg dan hanya 13,3 persen yang melihat partainya. "Artinya, caleg menjadi ujung tombak dalam perolehan suara partai,  baik di level daerah maupun secara nasional," kata Direktur Eksekutif Pol-Tracking Hanta Yuda A.R. dalam paparan di Jakarta kemarin (26/1).

     

Jika lebih didalami tentang tempat yang akan dicoblos, 35,45 persen responden akan mencoblos pada nama caleg dan 18,18 persen pada nomor urut caleg. Nomor partai 5,9 persen dan gambar partai 30 persen.

     

Hanta mengatakan, grafik itu menunjukkan keterikatan pemilih dengan partai (party ID) yang sangat lemah karena basis memilih mereka adalah figur pribadi caleg. "Meskipun ketertarikan pemilih terhadap figur caleg menjadi preferensi penting, jika caleg yang ditawarkan partai kurang dikenal atau kurang menarik bagi publik, pemilih berpotensi mengalihkan pilihannya ke partai," terangnya.

     

JAKARTA - Jumlah surat suara yang dicoblos pada nama dan nomor urut calon anggota legislatif diprediksi lebih banyak daripada nomor dan gambar partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News