Pemilu 2014 Masih Dikendalikan Pemilik Modal

Pemilu 2014 Masih Dikendalikan Pemilik Modal
Pemilu 2014 Masih Dikendalikan Pemilik Modal
JAKARTA – Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Boni Hargens, mengatakan, perpolitikan Indonesia pada pemilihan umum 2014 masih didominasi pertarungan pemodal. Sebab, menurut Boni, para pemimpin partai yang maju masih merupakan kartel pemilik modal.

Menurutnya, hal ini ada kaitan dengan dominasi kaum kartel oligarkis dalam proses politik Indonesia setelah 1998. “Tidak bisa dipungkiri, demokrasi kita ada dalam kendali mereka. Makanya nilai-nilai liberal menguat, dan perhatian terhadap kepentingan umum merosot. Demokrasi kita terjebak dalam paradoks ini," ujar Bony dalam siaran persnya, Kamis (18/10).

Ia mengakui, kemajuan besar demokrasi di Indonesia adalah terbangunnya institusi- institusi politik yang mendorong demokratisasi ke arah modern.

Meski demikian, Boni juga menyatakan, yang menjadi kelemahan ketika pembangunan institusi tidak disusul penguatan nilai-nilai demokrasi pada level yang lebih konkrit.

JAKARTA – Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Boni Hargens, mengatakan, perpolitikan Indonesia pada pemilihan umum 2014 masih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News