Pemprov DKI dan Polda Berencana Bikin CFD saat Hari Buruh

Pemprov DKI dan Polda Berencana Bikin CFD saat Hari Buruh
Pemprov DKI dan Polda Berencana Bikin CFD saat Hari Buruh

jpnn.com - JAKARTA - Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaaran bermotor akan diterapkan pada saat peringatan Hari Buruh atau May Day yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. Keinginan untuk menerapkan CFD merupakan rencana dari Pemerintah Provinsi DKI dan Polda Metro Jaya.

"Kami ada rencana sama polda akan bikin car free day saja (saat May Day). Sama seperti hari minggu saja, sepanjang jalur utama Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta, Selasa (28/4).

Tujuan penerapan CFD dilakukan supaya tidak terjadi gangguan lalu lintas pada saat ribuan buruh melakukan aksi demonstrasi di Jakarta. Pria yang akrab disapa Ahok ini mengatakan, penerapan CFD pada saat May Day akan terasa spesial. Sebab, pelaksanaannya dilakukan pada hari Jumat, bukan hari Minggu.

Mantan Bupati Belitung Timur itu memastikan, bus Transjakarta akan tetap beroperasi seperti biasa pada saat pelaksanaan May Day. Suami Veronica Tan itu juga meminta agar  para buruh tidak merusak pot dan tanaman yang berada di sepanjang jalan. Apabila ada pengrusakan, maka Pemerintah Provinsi DKI tdak segan untuk menggugat.

Selain tidak boleh merusak pot dan tanaman, Ahok meminta, agar para buruh yang melakukan akai demonstrasi pada CFD tidak membuang sampah sembarangan. "Kami sudah bilang, Anda harus tertib," tandas Ahok. (gil/jpnn)


JAKARTA - Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaaran bermotor akan diterapkan pada saat peringatan Hari Buruh atau May Day yang diperingati setiap


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News