Pemudik dengan Pesawat Catat Rekor Mudik

Pemudik dengan Pesawat Catat Rekor Mudik
Ignasius Jonan. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Untuk pertama kalinya dalam sejarah operasi angkutan lebaran, jumlah pemudik yang menggunakan pesawat paling tinggi dibanding moda transportasi lainnya.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan, jumlah penumpang angkutan udara akan naik 7,6 persen yaitu 4.648.047 juta orang dibanding tahun sebelumnya sebanyak 4.319.134 juta penumpang.

Menurut Jonan, kenaikan jumlah penumpang pada moda angkutan udara tersebut gambaran bahwa masyarakat mulai menghargai waktu dan memiliki daya beli yang lebih baik. 

"Selain itu, dengan pengembangan kapasitas dan pelayanan di bandara yang selama ini dilakukan, standar pelayanannya semakin membaik, navigasi semakin baik, penerbangannya semakin disiplin sehingga semakin naik penumpangnya," kata Jonan, dalam siaran pers dari Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Minggu (3/7).

Jonan mencontohkan, untuk di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, jumlah penumpang pada tujuh hari pertama masa angkutan lebaran 2016 (24-30 Juni 2016) sudah mencapai 15 persen dan di Bandara Pangkalan Bun kenaikan sebanyak 10 persen.

"Ini sesuai dengan prediksi pemerintah. Indonesia kan negara kepulauan, kalau jaraknya jauh ya masyarakat itu naik pesawat udara, kalau barang lewat tol laut," terangnya. 

Untuk ke depannya, Jonan optimis pertumbuhan udara akan semakin pesat. Oleh karena itu, ia berpesan agar operator penerbangan untuk lebih disiplin dan regulator juga harus tegas.

Prediksi kenaikan jumlah penumpang juga terjadi di moda penyeberangan, laut, dan kereta api. Untuk moda penyeberangan naik sebesar 3,5 persen atau 3.698.042 penumpang. Banding dengan tahun 2015 lalu yang berkisar 3.572.103 penumpang.

JAKARTA - Untuk pertama kalinya dalam sejarah operasi angkutan lebaran, jumlah pemudik yang menggunakan pesawat paling tinggi dibanding moda transportasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News