Pemudik Motor Disiapkan Kapal Gratis

Pemudik Motor Disiapkan Kapal Gratis
Pemudik Motor Disiapkan Kapal Gratis
JAKARTA-Musim mudik sebentar lagi tiba. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik dengan sepeda motor dari tahun ke tahun terus menunjukkan peningkatan. Demi mengantisipasi marak kecelakaan pada pemudik sepeda motor, tahun ini disiapkan tiga buah kapal laut. Tiga kapal tersebut ditargetkan menjadi alternatif pilihan pemudik sepeda motor demi mengurangi volume kendaraan di jalan raya selama musim mudik.

’’Kami akan membantu mengangkut sepeda motor secara gratis ke kapal," ujar Menteri Perhubungan E.E Mangindaan. Berdasarkan hitungannya, jika pemudik sepeda motor beralih ke kapal laut, dengan sendirinya volume kendaraan di jalan raya selama musim mudik akan berkurang secara signifikan. Maklum, satu buah kapal bisa mengangkut 1.500 sepeda motor. Selain kapal, truk untuk mengangkut pemudik sepeda motor juga akan disiapkan. Tahun ini, pemudik sepeda motor diprediksi meningkat 6,16 persen dibandingkan tahun lalu. Angka itu setara dengan 2,5 juta pemudik. Naik dari 2,3 juta pemudik tahun lalu.

Sementara, perbaikan jalan raya di jalur Pantura Jawa saat ini tengah dikebut dan ditargetkan selesai sebelum lebaran 2012 tiba. Jika sesuai target,saat musim mudik tiba nanti Pantura sudah bisa digunakan oleh pengguna jalan. Direktur Bina Pelaksana Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian PU Winarno menyebut, persiapan jalur Pantura menjelang lebaran pada tahun ini bisa disebut lebih siap dibandingkan tahun sebelumnya.

’’Kementerian Pekerjaan Umum mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,03 triliun untuk penanganan jalur di Pantai Utara Jawa,’’ katanya. Anggaran itu digunakan untuk perbaikan dan perawatan jalur Pantura sepanjang 1.182 km. Nilai anggaran itu melesat Rp 91 miliar dari total kebutuhan anggaran serupa pada tahun lalu. Pada tahun ini, jumlah titik perbaikan lebih sedikit jika dibandingkan tahun lalu. Penurunan titik disebabkan langkah perbaikan yang sudah dilakukan pada masa sebelumnya dan proses perbaikan tahun ini dilakukan lebih awal.

JAKARTA-Musim mudik sebentar lagi tiba. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik dengan sepeda motor dari tahun ke tahun terus menunjukkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News