Pemulihan Ekonomi Bisa Dimulai Jika Kita Menang Melawan COVID-19

Pemulihan Ekonomi Bisa Dimulai Jika Kita Menang Melawan COVID-19
Bambang Soesatyo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet  menegaskan pembatasan sosial yang terus meluas dan berkepanjangan telah menimbulkan ekses sangat serius pada sektor perekonomian nasional.

Kerja pemulihan ekonomi hanya bisa dimulai jika seluruh elemen masyarakat bertekad memenangi perang melawan Covid-19 saat ini.

"Karena itu seluruh elemen masyarakat harus terus meningkatkan disiplin penerapan pembatasan sosial untuk memutus rantai penularan Covid-19. Dengan menurunnya jumlah pasien Covid-19, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang ketat bisa dilonggarkan. Pelonggaran PSBB memungkinkan semua kegiatan produktif masyarakat bisa dimulai lagi," ujar Bamsoet di Jakarta, Minggu (10/5).

Sebaliknya, lanjut Mantan Ketua DPR RI ini, kinerja perekonomian negara dipastikan makin memburuk jika pembatasan sosial harus berkepanjangan akibat ketidakpedulian bersama memutus rantai penularan Covis-19.

Perekonomian negara yang terus memburuk akan menyebabkan makin banyak orang menderita akibat kemiskinan atau masyarakat tidak berpenghasilan lagi akibat PHK.

"Gambaran tentang terus memburuknya perekonomian nasional telah dipaparkan pemerintah. Satu-satunya motor pertumbuhan yang seharusnya masih bisa diandalkan adalah konsumsi masyarakat, karena baik investasi maupun ekspor tumbuh negatif. Namun, pertumbuhan konsumsi masyarakat pun telah melemah akibat PSBB yang makin meluas," urai Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menuturkan, saat ini masyarakat hanya fokus belanja bahan pangan.

Belanja kebutuhan rumah tangga lainnya turun signifikan. Permintaan sandang hingga alas kaki anjlok.

Ketua MPR itu juga mengingatkan agar masyarakat terus meningkatkan disiplin penerapan pembatasan sosial untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News