Penanganan Musim Mudik Harus Makin Baik

Penanganan Musim Mudik Harus Makin Baik
Penanganan Musim Mudik Harus Makin Baik
JAKARTA - Pemerintah diharapkan bisa memperbaiki musim mudik tahun ini.  Yang tak boleh disepelekan adalah menekan angka kecelakaan selama musim mudik dengan perbaikan infrastruktur dan memperbanyak angkutan massal.

Anggota Komisi V DPR yang membidangi transportasi, Marwan Jafar, menyatakan, pemerintah harus belajar dari musim mudik tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, kesiapan musim mudik Lebaran tahun ini harus lebih baik.

"Dari sisi infrastruktur, jalanan, rel kereta ataupun pelabuhan yang akan dilintasi pemudik harus diperbaiki. Semua jalur yang dilalui pemudik harus dipastikan dalam kondisi siap pada saatnya, aman digunakan dan nyaman," kata Marwan di Jakarta, Selasa (9/7) malam.

Lebih lanjut Ketua Fraksi PKB DPR itu menambahkan, untuk jalur Pantura, lintas Sumatera dan jalur lain yang sering dilintasi pemudik harus sudah siap dan dalam kondisi baik.  Selain itu, pemerintah juga perlu membuat skenario pengendalian arus mudik untuk menghindari kemacetan panjang. Dengan demikian, kelancaran arus mudik bisa terjamin. "Siapkan pula  jalur-jalur alternatif di daerah-daerah yang rawan terjadi kemacetan karena lonjakan volume kendaraan pemudik," cetusnya.

JAKARTA - Pemerintah diharapkan bisa memperbaiki musim mudik tahun ini.  Yang tak boleh disepelekan adalah menekan angka kecelakaan selama musim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News