Pendaftaran Beasiswa Berprestasi 2024 Mulai Dibuka Besok, Kuota Lebih Banyak

Pendaftaran Beasiswa Berprestasi 2024 Mulai Dibuka Besok, Kuota Lebih Banyak
Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Waryono Abdul Ghofur. (ANTARA/HO-Kemenag)

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 segera dibuka. Periode pendaftaran akan berlangsung pada 3 - 13 Juli 2024.

"Alhamdulillah, pendaftaran PBSB secara online dibuka mulai besok, Rabu 3 Juli 2024. PBSB ini peluang bagi para santri di seluruh Indonesia, " kata Pelaksana Tugas Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Waryono Abdul Ghofur di Jakarta, Selasa (2/7).

Kemenag, lanjut Waryono, mengundang para santri untuk mengambil kesempatan dan mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan.

Menurut dia, banyak peluang bagi santri untuk mendapatkan beasiswa. Tahun ini, PBSB dibuka pada pilihan 35 perguruan tinggi mitra dan 97 program studi melalui skema pemanfaatan dana abadi pesantren (DAP).

Kuota beasiswa bagi santri tahun ini ditargetkan 1.000 untuk melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1), Strata dua (S2), dan Strata tiga (S3). Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman https://pendaftaran-beasiswa.kemenag.go.id/pbsb.

Pilihan program studi yang ditawarkan dan dapat dipilih oleh santri di antaranya mulai dari rumpun keilmuan keagamaan, manajemen, pendidikan, sains dan teknologi, kedokteran, kesehatan, ekonomi, dan sosial humaniora.

PBSB 2024 merupakan program beasiswa yang masuk tahun kedua atas kerja sama Kemenag dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan.

Kolaborasi ini berupa pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar yang bersumber dari DAP bagi santri lulusan pondok pesantren, dayah, surau, meunasah, atau sebutan lain yang setara.

Besok, pendaftaran beasiswa berprestasi 2024, kuota lebih banyakuntuk para santri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News