Peneliti Australia dan Pencarian Obat TB di Vietnam

Peneliti Australia dan Pencarian Obat TB di Vietnam
Peneliti Australia dan Pencarian Obat TB di Vietnam

Terjun langsungnya peneliti Australia dalam upaya mengatasi masalah Tuberculosis (TB)  di Vietnam, merupakan kunci bagi kemajuan penelitian mereka dan juga kemampuan untuk meneliti data dari masa lalu agar bisa memahami apa sebenarnya yang terjadi.

Selama lebih dari dua puluh tahun, tuberculosis (TB) telah dinyatakan sebagai masalah kesehatan publik yang darurat ditangani di dunia global oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengingat munculnya strain atau jenis tubercolosis baru yang resisten terhadap berbagai obat - multi-drug resistant tuberculosis (MDR-TB) dan kurangnya penciptaan obat TB yang baru.

Salah satu negara yang tinggi kasus penderita TB-nya adalah Vietnam, yang saat ini menempati posisi ke-12 terbesar kasus TB-nya di dunia. Pemerintah Vietnam memiliki program TB nasional, tapi darurat kasus TB yang resisten terhadap banyak obat merupakan salah satu alasan utama kegagalan program tersebut. Saat ini diperkirakan tingkat kasus kejadian Tb dikalangan warga Vietnam mencapai 144 per 100.000 orang dengan tingkat kematian mencapai 17.000 kematian setiap tahun.

Tahun-tahun belakangan ini, Vietnam menerima pendanaan untuk penelitian mengenai TB dari organisasi riset internasional seperti Insititut Riset Medis Woolcock, lembaga riset ternama disektor pernafasan dan tidur. Tuberculosis – merupakan penyakit menular yang biasanya menyerang pernafasan – merupakan bagian dari agenda riset Woolcock.

Institut Woolcock telah meneliti masalah Tb di Vietnam sejak tahun 2009. Mereka memiliki kantor perwakilan di Hanoi, ibukota negara Vietnam dan sejumlah kantor lapanga. Selama lebih dari 5 tahun tim Dari Institut Woolcock telah  melakukan proyek riset TB skala bear yang hingga kini masih terus berlangsung demi mendapatkan strain baru TB.

Peneliti Australia dan Pencarian Obat TB di Vietnam
Klinik TB di Ca Mau (Image: supplied)

 

"Para peneliti Australia terlibat aktif dalam riset mengenai TB di Vietnam, yang bekerjasama dengan program TB Nasional Pemerintah Vietnam di negaranya".

Terjun langsungnya peneliti Australia dalam upaya mengatasi masalah Tuberculosis (TB)  di Vietnam, merupakan kunci bagi kemajuan penelitian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News