Peneliti Australia Duga Kelelawar Bisa Jadi Solusi Krisis Ebola

Peneliti Australia Duga Kelelawar Bisa Jadi Solusi Krisis Ebola
Peneliti Australia Duga Kelelawar Bisa Jadi Solusi Krisis Ebola

Peneliti Australia Dr Michelle Baker dari lembaga penelitian CSIRO menduga sistem kekebalan tubuh kelelawar bisa menjadi kunci dalam upaya masyarakat dunia saat ini dalam menangani krisis virus Ebola.

Selama ini, kelelawar diduga keras sebagai pembawa virus Ebola secara alamiah.

Menurut Dr Michelle Baker, kelelawar memiliki kemampuan membawa virus dalam jumlah besar tanpa mengalami dampak sampingnya.

"Virus yang tujuan hidupnya adalah untuk bereproduksi, tentu secara alamiah tidak akan membunuh wadah tempat hidupnya secara cepat. Dalam konteks ini, virus Ebola dan kelelawar menemukan ekuilibriumnya," jelas Dr Baker.

Kelelawar hidup dengan Ebola dengan cara mengaktifkan sistem kekebalan tubuh secara konstan.

"Yang perlu kita lakukan pada saat ini adalah mempelajari bagaimana kelelawar bisa mentoleransi pengaktifan sistem kekebalan tubuh mereka secara konstan tanpa mengalami efek buruk," katanya.

Sebaliknya, sistem kekebalan tubuh manusia baru bisa diaktifkan secara alamiah setelah mengalami kontak dengan virus tertentu.

Karena itu, kata Dr Baker, begitu sistem kekebalan tubuh manusia aktif, virus tersebut biasanya sudah menyebar.

Peneliti Australia Dr Michelle Baker dari lembaga penelitian CSIRO menduga sistem kekebalan tubuh kelelawar bisa menjadi kunci dalam upaya masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News