PENEMU Temui Penggiat Budi Daya Rumput Laut di Kupang, Ini Hasilnya

PENEMU Temui Penggiat Budi Daya Rumput Laut di Kupang, Ini Hasilnya
Ketua Umum PENEMU, Sinda Sutadisastra (kiri) dan penggiat produk rumput laut di Kupang. Foto: dok. Penemu

jpnn.com, KUPANG - Sukarelawan Pejuang untuk Indonesia Maju (PENEMU) bertemu para penggiat budi daya rumput lau di Desa Tablolong, Kupang Barat, Kupang, Nusa Tenggara Timur. 

Pada kunjungan yang dilakukan pada Selasa (18/6), PENEMU menggelar kegiatan pemberdayaan sukarelawan untuk masuk ke dunia industri.

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari program dalam mendukung pengembangan hilirisasi laut di Indonesia, khususnya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui budi daya rumput laut berkelanjutan.

Ketua Umum PENEMU Sinda Sutadisastra mengatakan, program tersebut kelanjutan dari pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kota Kendari awal Mei 2024, perihal pemberdayaan sukarelawan ke dunia industri.

Sinda berharap Jokowi memberikan dukungan agar program pemberdayaan sukarelawan dapat diimplementasikan ke daerah-daerah.

Program pemberdayaan itu, yakni dibangunnya sentra gedung industri agar sukarelawan bisa mandiri secara ekonomi.

"Kebanyakan sukarelawan kecil memiliki kemampuan yang hanya terfokus pada bidang produksi," kata Sinda, dalam keterangannya, Jumat (21/6).

Dengan program ini, Lanjut Sinda, sukarelawan akan mampu membagi bagi tugas untuk mencapai level UKM yang memiliki kegiatan-kegiatan yang lebih luas meliputi produksi, manajemen distribusi hingga pemasaran.

Sukarelawan PENEMU menemui penggiat budi daya rumput laut di Kupang, NTT, baru-baru ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News