Penerapan ESG PalmCo Salah Satu Terbaik di Level Global

Penerapan ESG PalmCo Salah Satu Terbaik di Level Global
Dirut PTPN IV PalmCo Jatmiko Santosa saat berkunjung ke Pabrik Minyak Makan Merah di Pagar Merbau Sumatera Utara. Foto: dok PalmCo

jpnn.com, JAKARTA - Sub Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), PTPN IV PalmCo menempati posisi kedua terbaik dunia dalam penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan terhadap Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environment, Social, and Governance/ESG).

PTPN IV PalmCo bahkan mengungguli perusahaan sektor palm plantation lainnya terkait resiko ESG atau ESG Risk Rating tersebut diterbitkan oleh agensi pemeringkat internasional, Standarfd & Poor’s Corporate Sustainability Assessment.

Adapun S&P CSA 2024 merupakan lembaga rating atau pemeringkat yang mencakup lebih dari 13.000 perusahaan secara global.

Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko Santosa menyatakan penilaian berkelanjutan perusahaan terhadap aspek lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik yang dilaksanakan tahun ini mendapatkan skor 55.

"Angka tersebut termasuk Top delapan persen korporasi dengan skor terbaik dari 386 perusahaan bidang industri produk makanan yang melaksanakan pengukuran atau rating ESG di S&P CSA, dan nomer dua terbaik di Perusahaan Perkebunan Sawit di dunia," ujar Jatmiko dikutip, Kamis (24/10).

Berdasarkan penilaian S&P CSA 2024 PTPN IV PalmCo memiliki pencapaian sangat baik dibeberapa indikator seperti transparancy and reporting, tax strategy, cyber security, hingga labor practices.

“Untuk indikator-indikator Governance & Economic serta Social, PalmCo tergolong di atas rata-rata standar industri. Namun kami memiliki potensi dan ruang perbaikan yang besar pada faktor lingkungan,” ungkap Jatmiko.

Oleh karena itu, pria yang baru saja menerima penghargaan ASEAN Energy Award tersebut memastikan komitmen dan konsentrasi perusahaan atas lingkungan akan menjadi prioritas.

PTPN IV PalmCo menempati posisi kedua terbaik dunia dalam penerapan prinsip-prinsip keberlanjutan terhadap Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola atau ESG

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News