Pengacara Ingin Jaksa Agung Orang Luar

Suhardi Somomoeljono Didukung untuk Gantikan Hendarman

Pengacara Ingin Jaksa Agung Orang Luar
Pengacara Ingin Jaksa Agung Orang Luar
JAKARTA - Sejumlah organisasi advokat dan LSM, di antaranya Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin), Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia (HAPI), dan Persatuan Advokat Indonesia (Peradi) mengharapkan agar calon jaksa agung bisa diambil dari luar kejaksaan. Ratusan advokat pun mengusung nama Ketua Lembaga Studi Advokasi Peradilan Indepedensi Indonesia (LS ADIPI), Suhardi Somomoeljono, sebagai calon jaksa agung dari kalangan advokat untuk menggantikan Hendarman Supandji.

Suhardi yang namanya digadang-gadang untuk menjadi calon jaksa agung ke depan mengaku siap jika dirinya mendapat amanah dari Presiden SBY. Bahkan, dirinya berkomitmen untuk memberantas praktik mafia hukum di internal kejaksaan seperti yang diinginkan oleh Komisi III dan masyarakat umum.

“Ke depan Kejaksaan Agung harus benar-benar diarahkan dan mampu sebagai motivator dalam rangka penegakan hukum. Artinya harus betul-betul mampu mewujudkan diri sebagai pengawal penegakan hukum dalam kaitan tugas-tugas kejaksaan ,” ujar Suhardi kepada wartawan di Jakarta, Minggu (25/10).

Suhardi menilai di masa reformasi ini ternyata peran kejaksaan belum juga mampu membantu presiden, terutama untuk mewujudkan penegakan hukum yang menopang pemulihan perekonomian nasional dan kepercayaan masyarakat. Padahal, pada masa lalu kejaksaan pernah memiliki jaksa agung yang bisa mewujudkan penegakan hukum yang berpihak kepada rakyat, yakni R Suprapto.

JAKARTA - Sejumlah organisasi advokat dan LSM, di antaranya Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin), Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia (HAPI), dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News