Pengamat Mendukung 3 Jurus Menteri Bahlil untuk Wujudkan Kemandirian Energi

Pengamat Mendukung 3 Jurus Menteri Bahlil untuk Wujudkan Kemandirian Energi
Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah. Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat ekonomi sekaligus Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah mendukung tiga jurus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia untuk mewujudkan kemandirian energi guna menekan impor minyak dan juga liquefied petroleum gas (LPG).

Menurut Piter, rencana Bahlil itu sudah bagus. Namun, kata dia, perlu didukung dengan langkah konkret untuk merealisasikannya.

Sebab, selama ini usaha untuk meningkatkan produksi minyak dalam negeri sudah dilakukan, tetapi belum berhasil secara optimal. Hal ini diduga karena minimnya investasi untuk melakukan eksplorasi minyak bumi.

“Kita mengalami penurunan lifting minyak sudah sangat lama dan persisten. Berbagai upaya sudah dilakukan, tetapi belum berhasil meningkatkan kembali produksi minyak kita. Hal ini dikarenakan investasi eksplorasi penemuan ladang baru sangat minim dilakukan,” ujar Piter, Selasa (17/9/2024).

Piter mengakui investasi pada sektor ini sangat berisiko tinggi dan memiliki banyak tantangan.

Oleh karena itu, Piter mendorong Bahlil membuat kebijakan yang dapat meningkatkan investasi pada eksplorasi minyak seperti perbaikan data dan kemudahan perizinan oleh pemerintah.

“Dipahami, investasi eksplorasi ini sangat berisiko dan jangka panjang. Selama ini, iklim investasi untuk eksplorasi ini tidak cukup mendukung,” ucapnya.

Piter mengatakan Bahlil yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Investasi, perlu mengeluarkan kebijakan yang bisa memperbaiki iklim investasi di bidang ini agar para investor tertarik dan mau menanamkan investasinya.

Pengamat ekonomi sekaligus Piter Abdullah mendukung tiga jurus Menteri ESDM Bahlil Lahadalia untuk mewujudkan kemandirian energi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News