Pengamat Nilai Pencalonan Lucianty Membawa Sentuhan Kepemimpinan Baru di Muba

Pengamat Nilai Pencalonan Lucianty Membawa Sentuhan Kepemimpinan Baru di Muba
Calon Bupati Musi Banyuasin (Muba) Lucianty. Foto: source for JPNN.com.

jpnn.com, MUBA - Calon Bupati Musi Banyuasin (Muba) Lucianty merupakan perempuan pertama yang siap membawa perubahan nyata bagi daerahnya.

Keikutsertaannya dalam Pilkada Muba 2024 sebagai calon Bupati nomor urut 1 tak hanya menciptakan sejarah baru bagi keterwakilan perempuan di ranah politik, tetapi juga menandai hadirnya sentuhan kepemimpinan yang berbeda membawa keseimbangan antara ketegasan, kelembutan, dan komitmen untuk kesejahteraan masyarakat.

Pengamat Politik dari Universitas Sriwijaya M. Haekal Al-Haffafah menuturkan, keterlibatan perempuan dalam dunia politik sangat penting untuk menciptakan perspektif yang lebih holistik dalam pengambilan keputusan, terutama dalam sektor yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat, seperti pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

"Sebagai perempuan, Lucianty memiliki naluri yang lebih empatik dan mampu memahami kebutuhan masyarakat dengan cara yang berbeda. Kepemimpinannya akan sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari masyarakat Muba, terutama kelompok-kelompok yang selama ini terpinggirkan," tutur Haekal, Rabu (9/10).

Lucianty, yang juga mantan Ketua TP PKK Muba periode 2010-2015 memiliki rekam jejak dalam membina masyarakat dan menggerakkan program-program sosial.

Dari pengalamannya, ia sangat memahami peran penting keluarga dan komunitas dalam memajukan suatu daerah.

Kepemimpinan perempuan sering kali dilihat sebagai lebih inklusif, mendengarkan suara-suara yang mungkin terlewat dalam sistem yang didominasi oleh laki-laki.

“Ketika perempuan terjun ke dunia politik, terutama sebagai pemimpin daerah, mereka membawa perspektif yang berbeda, lebih fokus pada isu-isu sosial yang langsung berdampak pada masyarakat, seperti pendidikan anak, kesehatan ibu dan anak, hingga pemberdayaan ekonomi rumah tangga,” ujar Haekal.

Pengamat Politik dari Universitas Sriwijaya M. Haekal Al-Haffafah menilai Calon Bupati Muba Lucianty mempunyai empati dan kepekaan sosial yang tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News