Pengamat: Pertemuan SBY dengan Prabowo Pengaruhi Pilihan Masyarakat

Pengamat: Pertemuan SBY dengan Prabowo Pengaruhi Pilihan Masyarakat
Pengamat: Pertemuan SBY dengan Prabowo Pengaruhi Pilihan Masyarakat

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari mengatakan, dukungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa menjadi salah satu variabel yang menguntungkan bagi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Sebab, dukungan dari pihak manapun akan menguntungkan pihak yang sedang menjaring suara di tengah ketatnya persaingan dalam Pemilihan Presiden 2014 ini.

Hal itu disampaikan Qodari menanggapi pertemuan antara SBY dengan Prabowo dan Hatta di Cikeas, Jumat (4/7) malam. "Dukungan SBY pertemuan semalam, akan bisa pengaruhi peta pilihan masyarakat," kata Qodari usai diskusi "Mengejar Survei Pilihan Rakyat" di Cikini, Jakarta, Sabtu (5/7).

Dalam pemilu legislatif lalu, Partai Demokrat mendapatkan suara sekitar 10 persen. Menurut Qodari, perolehan suara PD bisa membantu meningkatkan perolehan suara Prabowo-Hatta.

Berdasarkan survei Indo Barometer, lanjut Qodari, selisih antara pasangan Prabowo-Hatta dan Joko Widodo-Jusuf Kalla hanya 3,4 persen. "Jadi kalau misalnya Prabowo- Hatta bisa dapat separuh saja dari suara Partai Demokrat itu bisa menentukan hasil," ujar Qodari.

Qodari menambahkan, dari survei yang dilakukan Indo Barometer sebelum kampanye terlihat pemilih PD lebih banyak yang memilih Jokowi-JK. Namun hasil itu berubah setelah kampanye. "Setelah kampanye mulai, banyak yang ke Prabowo-Hatta walaupaun baru di angka 50 persen (dari keseluruhan pemilih PD, red)," tandasnya.(gil/jpnn)


JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari mengatakan, dukungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa menjadi salah satu variabel


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News