Pengamat Puji Gagasan Visioner Arinal untuk Wujudkan Kedaulatan Pangan di Provinsi Lampung

Pengamat Puji Gagasan Visioner Arinal untuk Wujudkan Kedaulatan Pangan di Provinsi Lampung
Arinal Djunaidi. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan Provinsi Lampung siap berkolaborasi dengan pemerintah pusat untuk mendukung kebijakan ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

Langkah konkret dukungan tersebut dilakukan oleh Arinal dengan beriktikad menjadikan Kabupaten Lampung Timur sebagai sentra lumbung peternakan dan pertanian.

Hal ini akan memberikan kontribusi dari pemerintah Provinsi Lampung dalam menyukseskan kedaulatan pangan nasional.

Langkah Arinal ini mendapat sambutan baik dari berbagai pihak, termasuk Analis Kebijakan Publik Universitas Lampung (Unila) Eko Budi Sulistio.

Eko menilai visi tersebut sebagai cita-cita yang bagus dan visioner.

“Saya kira itu cita-cita yang bagus dan visioner. Lampung bisa menjadi lumbung ternak nasional jika ada keinginan kuat dari pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan,” kata Eko Budi, Selasa (01/10/2024).

Menurut dia, Lampung memiliki potensi besar di sektor pertanian dan peternakan sehingga hal itu sejalan dengan pemerintah pusat tentang kedaulatan pangan dan sangat relevan dengan kondisi di provinsi ini.

Eko menambahkan masalah pangan saat ini menjadi isu krusial bagi Indonesia, terutama dengan banyaknya lahan pangan yang dialihkan untuk komoditas non-pangan.

Cagub Lampung Arinal Djunaidi menyatakan Provinsi Lampung siap berkolaborasi dengan pemerintah pusat untuk mendukung kebijakan ketahanan dan kedaulatan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News