Pengaruh Thaksin Masih Dominan

Pengaruh Thaksin Masih Dominan
Pengaruh Thaksin Masih Dominan
BANGKOK – Rupanya, panggung politik Thailand memang sulit dijauhkan dari mantan perdana menteri (PM) Thaksin Shinawatra. Nyatanya, meski Thaksin berada nun jauh di negeri Inggris, sosoknya masih saja membayangi Negeri Gajah Putih itu. Apalagi, setelah Partai Kekuatan Rakyat (PPP) resmi mengumumkan pengajuan Somchai Wongsawat sebagai kandidat mereka dalam pemilihan PM yang diadakan parlemen Rabu (17/9).

Penunjukan Somchai yang kini menjadi PM sementara itu dikatakan sendiri oleh Ketua PPP Kuthep Saikrachang. Kuthep menegaskan bahwa pencalonan Somchai telah diterima para pemimpin PPP. Para petinggi partai pun menganggap dialah kandidat paling memenuhi kualifikasi yang ditentukan partai.

Namun, meski telah ditunjuk partai pemenang pemilu Desember 2007 itu, Somchai belum tentu mendapatkan langkah mulus menuju kursi pemerintahan nomor satu. Sebab, banyak pihak yang tidak setuju dengan pancalonannya. Bahkan, celah yang bisa memungkinkan perpecahan partai bisa juga terjadi.

Apalagi, Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD) telah lebih dulu menyatakan penolakan atas pencalonan Somchai. Bagi kelompok anti pemerintah ini, siapapun kandidat yang diajukan PPP maupun partai anggota koalisi pemerintah, akan mereka tolak. Padahal sebelumnya, mereka mengatakan akan menerima kandidat siapapun asal bukan Samak. Lagi pula, Somchai juga mereka anggap mempunyai hubungan yang terlalu dekat dengan Thaksin. Kedekatan tersebut terjalin karena Somchai menikahi adik perempuan Thaksin yang paling kecil, yakni Yaowapa. Dengan begitu, Somchai bisa menjadi boneka Thaksin yang jauh lebih “kuat” dibanding Samak yang juga dituding sebagai boneka Thaksin.

BANGKOK – Rupanya, panggung politik Thailand memang sulit dijauhkan dari mantan perdana menteri (PM) Thaksin Shinawatra. Nyatanya, meski Thaksin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News