Pengawas Demokrat Pegang Kewenangan Besar

Pengawas Demokrat Pegang Kewenangan Besar
Pengawas Demokrat Pegang Kewenangan Besar
JAKARTA - Komisi Pengawas Partai Demokrat yang akan diberi tugas mengintai kader bermasalah akan memiliki kewenangan luar biasa. Sejak mulai penyusunan keanggotaan, Dewan Pembina yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono yang langsung menangani.

Rencananya, komisi tersebut akan diisi oleh sembilan orang. Termasuk, satu ketua yang akan diambilkan dari salah satu anggota Dewan Kehormatan. "Semua (nama) masih di tangan Dewan Pembina penyusunannya," ungkap Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin, saat dihubungi, Jumat (29/7). 

Seperti telah diberitakan, keberadaan komisi tersebut merupakan salah satu kesepakatan yang dicapai saat rakornas Demokrat, di Bogor, beberapa waktu lalu. Seiring munculnya gonjang di tubuh partai akibat munculnya nama sejumlah kader yang diduga terlibat dalam beberapa kasus hukum, terutama korupsi.

Menurut Amir, keberadaan komisi tersebut akan menjadi ujung tombak Dewan Kehormatan. Selain menerima pengaduan, komisi juga akan memiliki wewenang untuk memanggil dan memeriksa pihak terkait untuk mengusut dugaan pelanggaran terhadap kader. "Intinya, Dewan Kehormatan akan bekerja berdasarkan laporan komisi pengawas," imbuh mantan sekjen Demokrat tersebut.

JAKARTA - Komisi Pengawas Partai Demokrat yang akan diberi tugas mengintai kader bermasalah akan memiliki kewenangan luar biasa. Sejak mulai penyusunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News