Pengawas Internal Pemerintah Mandul

Pengawas Internal Pemerintah Mandul
Pengawas Internal Pemerintah Mandul
JAKARTA--Kinerja pengawas internal di instansi pemerintah sangat mengecewakan. Peran lembaga pengawas internal yang di departemen disebut Inspektorat Jenderal (Itjen) dan di pemda disebut Badan Pengawas Daerah (Bawasda) dalam ikut memberantas korupsi, kembali dipertanyakan Komosi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Saking minim peran mereka,  aat ditanya wartawan berapa jumlah laporan yang masuk ke KPK bersumber dari temuan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), Wakil Ketua KPK Moh Jasin mengaku tak tega menyebutkan angkanya.

"Pokoknya minim," katanya di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (12/8). Karenanya, KPK mengimbau APIP agar lebih berperan dalam pencegahan korupsi. Hambatan budaya dan hukum karena posisnya di bawah pimpinan menteri atau kepala daerah, selalu berakibat pada hilangnya kemandirian APIP.

APIP adalah pengawas internal di pusat, departemen maupun nondepartemen dan di pemda. Ini kali kedua KPK menggelar Konferensi Pemberdayaan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Acara sejenis dilakukan tahun 2008 dengan tujuan meningkatkan peran APIP untuk menciptakan pemerintahan bersih dan berwibawa.

JAKARTA--Kinerja pengawas internal di instansi pemerintah sangat mengecewakan. Peran lembaga pengawas internal yang di departemen disebut Inspektorat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News