Pengikut al-Sadr Tolak Perpanjangan Serdadu Paman Sam

Pengikut al-Sadr Tolak Perpanjangan Serdadu Paman Sam
Pengikut al-Sadr Tolak Perpanjangan Serdadu Paman Sam
BAGHDAD - Ribuan pengikut ulama syiah kenamaan Iraq, Muqtada al-Sadr, kemarin turun ke jalan menolak pakta keamanan baru Iraq-Amerika Serikat. Sembari melambai-lambaikan bendera Iraq dan spanduk hijau Syiah, para demonstran meneriakkan yel-yel ''Tidak untuk kesepakatan Amerika'' di pusat kota Baghdad.

Datang berkelompok-kelompok dengan jenis kendaraan berbeda, ada yang jalan kaki dan naik bus, mereka berkumpul di alun-alun firdaus. Mereka satu suara menyerukan agar DPR yang dijadwalkan bersidang Senin depan (24/11), menolak menstempel pakta yang telah ditandatangani perwakilan pemerintah Iraq dan AS itu.

Beberapa hari lalu, ulama Syiah terkemuka Iraq yang anti AS menyatakan, kesepakatan itu tak ubahnya melacurkan harga diri Iraq dihadapan si Paman Sam.

''Saya serukan pada parlemen Iraq sekali lagi untuk menolak pakta ini tanpa ragu-ragu, karena sama artinya menjual bangsa Iraq dan rakyat,'' kata Sadr yang juga menyerukan perlawanan bersenjata terhadap AS seperti dilansir AFP pada Selasa (18/11).

BAGHDAD - Ribuan pengikut ulama syiah kenamaan Iraq, Muqtada al-Sadr, kemarin turun ke jalan menolak pakta keamanan baru Iraq-Amerika Serikat. Sembari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News