Pengin Kualitas Pendidikan Merata, Mbak Ita Menggratiskan Pendidikan di 41 SMP Swasta

Pengin Kualitas Pendidikan Merata, Mbak Ita Menggratiskan Pendidikan di 41 SMP Swasta
Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meninjau gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Taman Dewasa Semarang, Sabtu (22/6/2024). (ANTARA/HO-Pemkot Semarang)

jpnn.com - SEMARANG -  Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, memiliki program sekolah gratis di SMP swasta. Saat ini, program itu sudah mencakup 41 SMP swasta yang tersebar di Kota Semarang.

Menurut Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, program sekolah swasta gratis merupakan upaya memberikan pelayanan pendidikan terbaik agar kualitas pendidikan merata.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Semarang hingga 2024, tercatat sekitar 41 SMP swasta yang mendapat dana hibah dari Pemkot Semarang dalam program sekolah gratis.

Dengan program itu, Mbak Ita, sapaan akrab Hevearita, mengatakan peserta didik yang tidak diterima di SMP negeri bisa sekolah di SMP swasta secara gratis.

Salah satu SMP swasta yang memperoleh dana hibah dari Pemkot Semarang untuk program sekolah gratis, yakni SMP Taman Dewasa di kawasan Citarum, Kecamatan Semarang Timur.

"Saya hadir di SMP Taman Dewasa ini sebagai bentuk 'support' Pemerintah Kota Semarang, di mana kami berharap SMP ini bisa berkompetensi dengan SMP lainnya," kata Mbak Ita saat meninjau gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Taman Dewasa Semarang.

Menurut dia, SMP Taman Dewasa Semarang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi sekolah favorit. Hal itu terlihat dari peserta didik yang juga mampu menghasilkan karya luar biasa.

Apalagi, kata dia, ternyata SMP Taman Dewasa telah berusia 102 tahun, dan selama ini sudah meraih banyak prestasi. "Mereka mampu bersaing dan tidak kalah dengan sekolah yang berada di pusat kota," katanya.

Pengin kualitas pendidikan merata, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau Mbak Ita menggratiskan pendidikan di 41 SMP swasta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News